Meningkatkan Performa Lewat Throttle


http://aksesoris-smd.blogspot.com/performa
Throttle Body (TB) merupakan bagian dari sistem air intake yang mengontrol banyaknya jumlah asupan udara yang masuk kedalam mesin. Throttle body biasanya terletak diantara air filter box dan intake manifold. Bagian yang paling besar yang terdapat didalam throttle body disebut dengan throttle plate, dimana merupakan sebuah katup yang bentuknya seperti kupu-kupu (butterfly valve) dan fungsinya mengatur aliran udara (airflow).

Gubahan Harus Sesuai Kebutuhan Mesin

Meningkatkan performa mobil memang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari metode naturally aspirated (N/A) ataupun dengan metode force induction (FI). Salah satu cara meningkatkan performa melalui metode N/A adalah bisa dengan memperbesar diameter skep dari throttle body. Dengan cara ini tenaga (HP dan torsi) dapat mengalami peningkatan, akan tetapi tetap harus diiringi adanya beberapa ubahan, jika tidak, peningkatan performa tidak dapat maksimal.

Ketika memperbesar throttle body banyak yang harus disesuaikan, diantaranya merubah asupan bensin dan angin dll. Dimana semua hal tersebut tergantung dari tuner-nya ketika mem-balance engine, apakah untuk mengejar performa atau efisiensi konsumsi BBM. Salah satu efek dari memperbesar diameter throttle body untuk mengejar performa adalah pada saat tarikan bawah akan terasa kurang atau agak ngempos khususnya bagi para pemilik kendaraan matic, tapi memasuki tarikan menengah sampai keatas baru terasa adanya peningkatan performa.

“Dalam meningkatkan performa mesin, baik dengan cara naturally aspirated (N/A) ataupun dengan metode force induction (FI) tetap harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan dari mesin mobil itu sendiri. Tidak bisa main asal saja” ujar Robby, punggawa dari rumah modifikasi RS Tuning yang terletak dibilangan Bintaro, Jakarta Selatan ini. “Untuk itu, biasanya sebelum melakukan modifikasi khususnya bagian mesin lebih baik melakukan dyno test terlebih dahulu” pungkasnya.

Karena itulah banyak hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan modifikasi mesin, semua tidak bisa dilihat dari satu sisi saja. Selain harus memperhatikan kebutuhan dari mesin, sebelumnya lebih baik konsultasi dulu dengan tuner yang akan menggarap modifikasi mesin, untuk menyamakan persepsi.